Berfungsi utnuk menciptakan iklim kondusif, menghindari
konflik, meningkatkan produktivitas, dan menghindari gap.
Jenis-jenis Media Internal:
- Lisan: briefing, rapat,
diskusi, ceramah
- Tertulis: surat, bulletin,
brosur, information board
- Counseling: nasehat kepada
karyawan
- Event: pertandingan
olahraga, family gathering, outing, outbound training, acara keagamaan.
Brosur: produksinya cepat, singkat dan kecil berisi tentang
produk
Newsletter: harus ada dan tanggal penerbitan contoh: edisi 1
Maret 2013
Company Profile: lebih ke profil perusahaan dan produk
biasanya berisi Annual Report yaitu laporan selama 1 tahun tentang perusahaan
yang harus disosialisasikan kepada karyawan gunanya sebagai:
-
Untuk menciptakan sense of belonging
-
Transparansi
-
Jika ada peningkatan karyawan senang dan
bersemangat bekerja
Information Board: untuk perusahaan yang karyawannya sangat
banyak, namun kadang informasinya masih diabaikan, terbatas apalagi jika
dikerumuni oleh orang banyak, mengejar kecepatan disbanding dengan newsletter
contoh: berita duka, hari libur/bersama.
Counseling: harus dilakukan sebelum adanya masalah, sebagai
PR hanya sebagai fasilitator karyawan yang konsultasi ke psikolog, diperlukan
untuk kepentingan audit komunikasi
Event: biasanya dipilih event olahraga karena ada teamwork,
supporter untuk memeriahkan suasana dan seragam sebagai identitas dan prestige.
No comments:
Post a Comment