Monday, April 1, 2013

Pertemuan Keempat: Media Komunikasi Internal



Berfungsi utnuk menciptakan iklim kondusif, menghindari konflik, meningkatkan produktivitas, dan menghindari gap.

Jenis-jenis Media Internal:
  1. Lisan: briefing, rapat, diskusi, ceramah
  2. Tertulis: surat, bulletin, brosur, information board
  3. Counseling: nasehat kepada karyawan
  4. Event: pertandingan olahraga, family gathering, outing, outbound training, acara keagamaan.
Brosur: produksinya cepat, singkat dan kecil berisi tentang produk

Newsletter: harus ada dan tanggal penerbitan contoh: edisi 1 Maret 2013

Company Profile: lebih ke profil perusahaan dan produk biasanya berisi Annual Report yaitu laporan selama 1 tahun tentang perusahaan yang harus disosialisasikan kepada karyawan gunanya sebagai:
-          Untuk menciptakan sense of belonging
-          Transparansi
-          Jika ada peningkatan karyawan senang dan bersemangat bekerja

Information Board: untuk perusahaan yang karyawannya sangat banyak, namun kadang informasinya masih diabaikan, terbatas apalagi jika dikerumuni oleh orang banyak, mengejar kecepatan disbanding dengan newsletter contoh: berita duka, hari libur/bersama.

Counseling: harus dilakukan sebelum adanya masalah, sebagai PR hanya sebagai fasilitator karyawan yang konsultasi ke psikolog, diperlukan untuk kepentingan audit komunikasi

Event: biasanya dipilih event olahraga karena ada teamwork, supporter untuk memeriahkan suasana dan seragam sebagai identitas dan prestige.

No comments:

Post a Comment