Saturday, February 23, 2013

Pertemuan Kedua: Iklim Organisasi

Iklim organisasi adalah gabungan persepsi berbagai peristiwa komunikasi yang ada dalam perusahaan yang menjadi budaya dari perusahaan itu sendiri

Unsur dasar organisasi:

1. Anggota organisasi: konsep, emosi dan self moving

2. Pekerjaan: formal dan informal

3. Pengelolaan: Research, Action, Communication dan Evaluation

4. Struktur organisasi: kompleksitas, formalisasi

5. Pedoman organisasi: mosi, visi, tujuan, strategi, kebijakan, dan prosedur


Communication mood

1. Acuh tak acuh: Merasa tak peduli dengan apa yang terjadi di dalam satu departemen sehingga menciptakan iklim organisasi yang tidak baik

2. Saling mendukung: Dukungan antar departemen sehingga memudahkan dalam pengerjaan tugas dan selalu membuat mood baik dalam perusahaan

3. Bermusuhan: sikap untuk saling mencibir, emmbuat suasana internal perusahaan tidak sehat

4. Defensive: Pembelaan dalam setiap kesalahan yang dibuat tanpa melakukan perbaikan diri

5. Partisipatif: Ikut serta berperan dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan


Tips for Communication

1. Kepercayaan: Saling percaya antar upward, downward dan horizontal dalam perusahaan

2. Pembuatan keputusan bersama: Pembuatan keputusan secara musyawarah memudahkan dalam pelaksaan keputusan itu sendiri

3. Kejujuran: Sikap yang harus selalu dijunjung tinggi dalam berorganisasi

4. Keterbukaan: Saling memiliki sikap terbuka antar departemen, sehingga memudahkan dalam penyelesaian konflik yang ada.

No comments:

Post a Comment